Sunday 5 November 2017

Nikmat sesudah Sakit

Alhamdulillah….. Puji Syukur ke hadirat Allah yang Maha Esa… yang selalu senantiasa memberikan aku kekuatan fisik maupun psikis yang kemaren – kemaren lelaaaah sekali karena apa ?? Revisi Skripsi yang luar biasa hehehe… Kalo aku gak kuat pasti aku lebih memilih mundur aja bodo amat itu revisi gak usah diberesin tapi masa mau berhenti di tengah jalan? Lantas ijazahku gimana? Kan gak bisa ambil ijazah kalau belum selesai revisi ffuuhh …. Mungkin kau masih ingat dengan ceritaku (kalau baca) dengan judul “Sebelum Nikmat harus Sakit” yaitu mengenai betapa sulitnya untuk mendapatkan 4 tanda tangan dosen yaitu 2 pembimbing dan 2 penguji…..

      Tepat pada tanggal 19 Oktober 2017, hari kamis pagi jam 9 aku sudah sampai di kampus. Tujuanku tak lain untuk menemui dosen pembimbing 1, beliau sudah berjanji akan menandatangani /mengesahkan revisi skripsiku hari itu. Benar saja aku bertemu dengannya ketika ia berjalan menuju koridor dekat lift lantai 3, aku mendatanginya dan dia pun berkata tanda tangannya nanti saja karena beliau ingin ngajar dulu dan kau tahu? Ternyata dia mengusulkan judulku diganti saja bagian depannya jadi “Gambaran” bukan lagi “Hubungan” karena data – dataku semua subjek masuk kedalam kategori “Tidak Patuh terhadap diet DM” sehingga tidak bisa diuji secara statistik, maka aku harus mengganti kata “Hubungan” menjadi “Gambaran” disetiap lembar yang ada kata – kata itu.
     Setelah aku print lembar pengesahan yang judulnya sudah diganti baru, aku menunggu beliau selesai ngajar sampai jam setengah 11, akhirnya alhamdulillah beliau langsung ACC 😊 waaah senang sekalii yeaaaay!!
 Pembimbing 1 sudah clear lalu aku lanjut menemui dosen penguji 1. Beliau bisa ditemui jam setengah 1 di ruang lab kesehatan masyarakat yang letaknya di lantai 2. Aku menunggu beliau bersama temanku, kita deg – degan banget, padahal beliau orangnya santai dan baik yaaa ini sih pembawaan kita aja ajaa ngeri takut revisi lagi udah berapa kali bolak balik soalnya hahaha….
Akhirnya ketemu beliau juga dan beliau ngomong “gimana udah dibenerin semua kan? Akupun pasti bilang udah terus langsung ACC deh :D waaah Subhanallah alhamdulillah lagi deh hehehe… Dosen yang paling sulit ditemui nih berkali kali gagal ketemu. Mungkin ini cara Allah supaya aku bersabar dulu. Semua akan indah pada waktunyaa…
      Teruuuusss, abis itu aku ketemu siapa lagi coba? Ketemu dosen penguji 2 yang terkenal killer da nagak susah kalau beda pendapat sama dosen lain tapi beliau baik ya orangnya memang seperti itu, detail banget. Mau tak mau aku harus ikutin masukan beliau. Ketika aku bertemu dengannya yaitu pukul 14.00 beliau liat – liat sebentar revisiku terus langsung ACC !!! :D Alhamdulillah 1 hari 3 dosen langsung ACC xD kemaren2 mah sampe susah banget yaaa 1 dosen juga ini lah nikmatnyaaaa…..
      Nah sekarang tinggal nunggu ACC dari dospem 2 dehh, padahal pengen sekalian dalam  1 hari itu di ACC tapi sayangnya aku gak ketemu dospem 2 jam siang jadi langsung pulang aja.
Aku ketemu dospem 2 hari selasa nya dan beliau hanya baca sedikit revisiku, dia langsung ACC tapiiiiii rumus sampelnya disuruh ganti, so pasti aku harus hitung lagi dong? Katanya salah… gak nyambung.. ppfftt yasudah kuturuti maunya beliau… tapi ketika ku hitung sampelnya ratusan sedangkan data realku cuma ada 48 sampel. Aku harus cari penelitian yang sampelnya gak lebih dari 48. Aku pusing sekali menghitung itu dirumah. Akhirnya aku janjian lagi ketemu sama dospem 2 untuk mengeluhkan kesulitanku mencari jumlah sampel dan aku ketemu lagi hari jumat beliau membantuku mencarikan solusi dan akhirnya ketemu !! alhamdulillah udah clear semua. Setelah dihitung sampelnya jadi 35 orang dan itu masih boleh.
      Sebenarnya sih bisa aku gak usah ketemu beliau lagi kan udah di ACC semua, ngapain lagi gitu? Tapi rasanya kurang afdol kalo di skripsi masih ketawan ada yang salah tapi gak diperbaiki, sayaang aja …
Yaaaa seperti itulah kisahku, revisi skripsi bisa sebulanan hahaaa… tentunya bukan karena aku mengulur – ulur waktu tapi karena berbagai kendala dan kemauan dosen yang berbeda – beda yang membuatku harus extra lebih sabar mengerjakannya, lebih mengerti kemauan mereka apa, dan menyeimbangkan pendapat mereka.

Allah akan selalu bersama orang yang sabaarrr dan tawakal…. Satu lagi. Proses itu tak akan mengkhianati hasil…..
Siapa yang menanam dia yang akan menuai….
Manjadda Wajadda… Siapa yang bersungguh – sungguh maka ia akan berhasil. Insyaallah

Walaupun ada sedihnyaa, kecewa karena ACC nya rumit sekali dengerin pendapat ini itu, jomplang dll ffuuhh, ngedumel hehe (kerjaan manusia)
Tapi segera istighfar…
Dikala kita mendapatkan kesulitan ingat aja “Allah tidak akan memberikan ujian melebihi batas kemampuan umatnya”.
Jangan pernah kamu merasa dengki dengan kesuksesan temenmu, misal: temen udah ACC duluan, kita sirik … nah jangan sampe.. karena kesulitan orang beda – beda..
Bisa jadi dia udah ngalamin kesulitan lebih dulu, atau Allah gak kasih dia kesulitan karena Allah merasa dia gak mampu nanti kalo dikasih kesulitan itu. Hanya Allah yang tau ….
Jangan juga menyakiti hati sesama teman, orangtua atau siapapun…. Kalo inget minta maaf, atau istighfar aja jangan nyakitin lagi…. Bahayaaa… kita hidup di dunia bersaudara bukan saling bermusuhan… Apalagi kalau yang disakitin orang baik – baik. Hati – hati ..
Ini Introspeksi aja buat sendiri yaa atau untuk para pembaca juga … manusia memang gak akan pernah luput dari kesalahan dan dosa tapi tidak ada salahnya untuk saling mengingatkan.

Maaf kalo terakhir2 nya gak nyambung heheheeeee… Salam damai…

0 comments:

Post a Comment

Hey! Somebody comment!

By :
Free Blog Templates