Sunday 11 June 2017

Focus on 10 Steps

Seringkali kita belajar deket-deket waktu mau ujian itu grusak grusuk ya gak? wajar sih cari-cari materi, belajar SKS atau sistem kebut semalem itu udah lumrah.Nah menurut aku sih belajar SKS itu bikin otak capek, dan yang ada malah gak masuk materinya. Ada gak orang yang lebih masuk belajar SKS ? Ada ! Temen ku banyak termasuk aku sendiri kalo lagi kebetulan saja hehehe. Kebanyakan dari siswa/mahasiswa itu malas belajar jauh-jauh hari sebelum ujian. Yaa memang malas baca, buka-buka buku atau malah selesai nyatet yasudah ditutup lagi bukunya. Ampe banyak sawang gara-gara dibukanya pas H-1 mau ujian Haha.

Ternyata benar beda banget ya orang zaman dulu sama sekarang, dulu itu orang kalo belajar disalin ulang atau dirangkum kedalam catatan kecil sambil di baca terus, pantes yaa orang dulu pinter-pinter ajibb. Sekarang juga banyak orang pinter menang nyontek, tapi gak semua sih. Banyak juga lulusan sarjana ketika di tes gak bisa apa-apa karena dia gak bisa mempertanggungjawabkan nilainya yang besar itu misal IPK tinggi. Gak menjamin seseorang itu benar-benar pintar. Tetapi kalau orang itu dapet IPK tinggi karena emang belajar keras nah itu baru keren !! Betul ! IPK tinggi tidak menjamin seseorang dapat pekerjaan, tetapi bukan berarti kita kuliah atau sekolah malas yaa, terus berpikir gini"biarin dah IPK gue kecil rezeki udh ada yang ngatur" naah itu pesimis namanya. Kalau IPK kecil masih bisa ditingkatkan kok, apalagi masih semester bawah masih banyak kesempatan, selagi kita "mau" belajar giat, berusaha keras dan jangan lupa ! Do'a. Jangan meremehkan doa yaa.. kekuatannya luar biasa itu tak perlu diragukan lagi. Minta ridho orang tua juga, minta maaf. Do'a ortu juga berperan penting dalam studi dan kesuksesan kita.

Nah sekarang aku mau kasih tips gimana caranya supaya bisa fokus sama kuliah atau pas mau ujian.

1. minta doa ama ortu, minta maaf, apalagi yang merantau nih jangan lupa telpon emak bapak hahaa pastikan mereka bilang "Mama dan papa selalu doain kamu nak, berdoa terus ya nak sukses". (Lega itu hati denger ortu ngomong gitu wkwk)

2.Ketika mau belajar, jangan lupa baca Bismillah, terus baca pelan-pelan materinya, kalo ada kata-kata asing langsung search di google, tulis keterangannya.

3. Jangan di forsir kalo otak sudah cape, stop istirahat dulu kalo perlu tidur barang 1-2 jam. (kalo mau begadang juga sama istirahatin dulu jangan di paksa melek sampe pagi).

4. Jangan deg-degan mikirin soal ujiannya apa, pelajari apa yang sudah dosen ajarkan, kalo ada kisi-kisinya tinggal pelajari aja secara urut.

5. Stop mikirin hal diluar pelajaran, entah itu masalah apapun, cut dulu aja. Bagi yang punya pacar, saranku break dulu mendingan tapi kalo pacarnya bisa ngertiin sih gapapa haha.

6. Bikin rangkuman  di kertas kecil atau print out materinya.

7. Baca ulang materinya sambil bayangkan materi itu masuk kedunia kamu, kamu bayangin maksudnya apa biar paham. Misal, "Antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas sumber antidioksidan terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran, radikal bebas juga dapat menyebabkan kanker". Nah dari situ kita harus tahu dulu radikal bebas itu apa? ada radiasi UV. karsinogenik (racun : terdapat di dalam makanan yang dibakar menggunakan bahan bakar seperti arang dll seperti sate), obat-obatan dn masih banyak lagi. Nah sinar UV itu bisa merusak kulit apalagi udh diatas jam 9 lama-lama bisa menyebabkan kanker kulit, sama dengan zat karsinogenik, lama-lama mengendap ditubuh jadi racun dan bisa jadi kanker. Itu perumpamaannya. Jadi kita harus cari semua tentang materi itu.

8. Kalo udah dibaca semua materinya, tutup. Siapkan mental buat ujian.

9. Udah masuk kelas, baca lagi rangkuman/materinya biar lebih mantep. Oh iya jangan sambil ngobrol ya kalo belajar itu ganggu fokus, kecuali kalo obrolannya tentang materi itu juga. Ngbrol dikit boleh sih buat selingan aja biar gak tegang itu juga sebelum masuk kelas.

10. Ketika kertas udah dibagiin, baca Bismillahirrahmaanirrahiim....
“Rabbisyrahli shadri wa yassirlii amri wahlul uqdatam millisani yafqahu qauli"
Terakhir.. Kerjakan deh lillahita'ala, jangan nyontek ya, karena sayang loh kita udah belajar susah ehh pas ujian kita nodain sama nyontek jadi sayang kan... kerjakan dengan usaha sendiri, pasrahkan semuanya sama Allah. tawakal. Mau hasil nya sesuai harapan atau tidak Allah yang menentukan, yang penting kita udah berusaha. (gayee udah kaya dosen aja gue ngomong jangan nyontek ahaha). Tapi emang bener sih. Lah btw aku gatau kenapa ini tulisan jadi berubah gini, hahaa lanjut deh yaa..

Terus kerjakan soal yang mudah dulu karena efisiensi waktu yaa, kalo ngerjain yang susah dulu, nanti kebuang waktunya buat mikirin soal itu doang, yang gampang malah gak keburu dikerjain -_-

Tapi... ingat... usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil... kalaupun belum sesuai harapan jangan nyerah.. Minta tugas tambahan sama dosen, kejar terus, jangan nyerah. InsyaAllah Allah selalu memberikan jalan bagi orang-orang yang mau berusaha.
Jangan lupa selesai ujian baca Hamdalah yaa Hahaha ;)

0 comments:

Post a Comment

Hey! Somebody comment!

By :
Free Blog Templates