Tuesday 13 June 2017

Merantau menjadikan Mandiri

Rasulullah SAW pernah bilang tuntutlah ilmu sampai ke negeri China, artinya dianjurkan menuntut ilmu di luar kota atau daerah asal dimana kita tinggal yang biasa disebut merantau. Meskipun banyak orang yang merasa keberatan berpisah dengan keluarga, apalagi kalo dari kecilnya tinggal bareng orang tua. Memang betul seseorang yang dari kecil tinggal sama orang tua pasti lebih banyak dapat perhatian dibandingkan dengan orang yang dari kecil tinggal sama nenek, atau bahkan hidup sendiri tanpa orang tua. Kita tentunya harus bersyukur ya baik yang dari kecil tinggal sama orang tua, kita dapat merasakan full kasih sayang tiada tara *apasih lebay banget haha, dikasih uang jajan, kebutuhan apa-apa tinggal mah pah aku butuh beli ini, itu dsb, yang dari kecil gak tinggal sama orang tua juga alhamdulillah sudah mandiri sejak dini, bisa ngurus diri sendiri, gak menyusahkan orang lain, jadi gak ketergantungan sama orang. Pokoknya semua ada hikmahnya sendiri.

Bagi seorang laki-laki merantau itu sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah, karena laki-laki dianggap bisa lebih menjaga diri walaupun jauh dari keluarga. Tapi perempuan? Kata siapa perempuan gak bisa merantau, justru perempuan juga bisa banget merantau. Yaa mereka perempuan berani dan bermental baja. Rela jauh dari keluarga demi menuntut ilmu atau bekerja.

Ada 2 hal yang membuat orang merantau yang pertama, karena menuntut ilmu/sekolah/kuliah, yang kedua karena pekerjaan.
Hal yang pertama ini biasanya yang keluarganya punya rezeki lebih untuk menyekolahkan anaknya diluar kota, Alhamdulillah tapi belum tentu juga...  ada juga yang dapat beasiswa full di salah satu sekolah favorite atau bahkan keluar negri waah ini sih bener - bener anak emas yang pintar banget ya. Hebat hihihi. Hal yang kedua, karena pekerjaan. Biasanya orang yang merantau ini berasal dari daerah, mereka bekerja diluar kota untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarganya. Tapi ada juga yang memang orang itu hanya ingin mencari pengalaman kerja saja padahal keluarganya berasal dari keluarga berada. Waah macam - macam yaa.

Jadi, merantau itu tidak ada ruginya teman... kita jadi bisa lebih belajar banyak banget hal, pelajaran hidup, kita bisa ngerasain saat-saat ada masalah tapi tidak ada orang tua disamping kita, sakit urus sendiri, ada masalah sama barang-barang kita ya benerin sendiri, contoh : motor rusak, dorong dan bawa kebengkel sendiri, Subhanallah deh. *pengalaman ya mba? kasihan banget sih haha mana orang cuma ngeliatin doang bukannya bantuin (ehh malah jadi curcol dah :p)

Tapi tidak semua orang bisa merantau, ada juga yang memang tidak diizinkan keluarganya sekolah/kerja jauh jadi mereka dirumah saja, itu gak masalah. Setiap orang punya pertimbangan masing-masing,. Memang kalo dirumah saja jadi menghemat biaya, makan udah sama orang tua gak beli, gaji utuh (bagi yang kerja), uang transport buat bensin doang (yang sekolah/kerjanya pake motor) gak dipake pulang kampung juga uangnya kan.
Tapi saranku yaa, yang masih sekolah mau lulus SMA nih, mending kalo mau lanjut kuliah, coba keluar kota (jangan lupa minta izin sama orang tua ya), hehehe. Ada sensasi tersendiri loh, pasti ngerasain nikmatnya pulang ke kota tinggal/kampung halaman, nikmatnya kangen orang tua, pelajaran hidup yang didapat banyaaaak banget.

Nah yang gak merantaupun juga bisa saja mandiri, tergantung didikan orang tuanya, kalo dari kecil biasa disiplin yaa tentu kebawa sampai dewasa. 
Jadi ada orang yang memang sudah terdidik dari kecil untuk disiplin dan mandiri dan ada yang udah gede baru belajar mandiri karena baru dilepas sama orang tua, hehehe. 

Self reminder juga sih, kalo merasa belum mandiri, ayoo mandiri .. walaupun gak mudah karena udah terbiasa manja tapi bisa kok !! Kuatin tekadnya yuk, mumpung masih muda masih bisa diperbaiki .... semakin dewasa semakin banyak tempaannya apalagi ditempat kerja dan sudah berumah tangga :D 

"Lebih baik terlambat daripada tidak samasekali" sepakat ya? :D

0 comments:

Post a Comment

Hey! Somebody comment!

By :
Free Blog Templates