Friday 29 June 2018

Tips Aman Bergaul saat Kuliah “Jauh” (Di Luar Kota)

Banyak orang tua yang khawatir anaknya kuliah jauh-jauh ke luar kota apalagi sampai kost segala, terutama anak perempuan.

Waajarrr bangett… Kekhawatiran tersebut ada benarnya juga sih, takut anaknya kenapa-kenapa, belum lagi, kalau tidak terbiasa hidup mandiri. Berasa gak tega orang tua untuk melepasnya.

Nah, bagi yang sudah mencoba untuk out from the comfortable zone. Kalian luar biasa, udah mau mencoba hal baru, adaptasi dengan lingkungan baru dan lain-lain.
Beruntungnya, kalian diizinkan oleh orang tua untuk menuntut ilmu di luar kota dan hidup mandiri disana. Alhamdulillah. :D

Semoga sukses, lulus tepat waktu. Aamiin !!
Aku mau kasih tips supaya pergaulan selama kuliah bisa baik-baik aja. Dalam arti, gak salah gaul/jauh dari pergaulan bebas.

1. Lempeng
Tau lempeng? Bukan makanan yang terbuat dari ketan dalemnya isi abon itu yaa, HaHa. Lempeng disini maksudnya. Netral. Gak usah over kalau bergaul. Maksudnya, kalau ada teman yang ngajak nongkrong, boleh lah sesekali. Karena, penting juga untuk kita tahu karakter teman-teman. Semakin banyak teman maka semakin kita tau. Bahwa kita juga harus menyesuaikan/beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

2. Yang baik ikuti, yang ngga baik jangan!
Semakin banyak bergaul maka semakin kita tahu pergaulan mana yang sesungguhnya memberikan dampak negative/positif terhadap diri kita.
Tentunya kita tau dong, ketika ada teman yang ajak nongkrong, mereka ngajaknya kemana? Apakah cuma ke caffe, mall atau ke tempat” club? Diskotik? Atau nginep-nginep dikosan lawan jenis bareng-bareng?
Nah … pasti udah tau sendiri, jelas banget keliatan yang mana yang harus dihindari.
Kalau udah kepalang mau ikutan, misalkan temannya gak ngasih tau mau kemana. Mending cancel aja deh! Gak usah ikut kalau tujuannya gak jelas. Menolak secara halus aja. Ngeles mau ngerjain tugas atau bersih-bersih kosan atau terserah deh bisa-bisanya kita aja.

3. Teguh pendirian
Ini yang rada susah. Dirayu dikit, jadi pengen ikutan, apalagi diiming-imingi mau dibayarin. Hmm berasa labil antara iya atau tidak.
Disini kita harus bener-bener, tetap teguh dengan pendirian.
Lawan rasa gak enak sama temen. Jangan takut bilang tidak. Ingat sekali kita ikut, misal ke tempat gak jelas. Tau-tau dibawa ke tempat yang gak seharusnya. Contoh: ke rumah teman, ternyata disana ada banyak bir atau ke tempat karaoke yang menyewa perempuan.
Kalau udah kepalang terlanjut ikutan, besok-besok gak usah ikut lagi, atau kalau nekat bisa pergi saat itu juga, pura-pura ada urusan mendadak atau apalah.
Karena sekali kita mau diajak, dan gak bisa nolak, mereka akan terus-terusan ngajak.

4.  Jangan mau kalau diajak hura-hura.
Sering diajak jalan-jalan ke mall, makan-makan di restoran mahal, atau travelling. Itu juga gak bagus untuk kondisi keuangan kita yang masih mengalir dari orang tua. Jika temanmu seperti ini, tolaklah secara halus. Dengan bilang, lain kali aja ya, atau kapan-kapan deh.

5. Jangan mengizinkan teman lawan jenis sendirian main ke kost-an dimana kamu juga sendirian disana.
Selain mengundang fitnah, ketauhilah ini juga bisa memudahkan setan untuk melancarkan aksinya. Hhaha. Ehh bener serius loh.
Dilarang berdua-duaan apalagi di tempat tertutup, kalau dirasa penting mau nugas ya jangan berdua, ajak teman lain. Atau kalau gak ada temen lagi bisa di ruang tamu, atau lebih aman diluar aja misal di caffe, perpustakaan atau banyak tempat nyaman yang lain kok.

6. Jangan mau ikut pengajian yang gak jelas
Bagi yang pernah ditawarin ikut pengajian tapi gak jelas. Bukan kegiatan dari kampus. Aku saranin banget jangan mau!
Pernah anak temen papaku, ikut suatu pengajian yang gak jelas, tau-tau dia jadi berubah. Pulang ke rumah minta uang terus. Gak jelas habisnya untuk apa. Ternyata uangnya dikasihin ke lembaga yang gak jelas itu.
Masih mending cuma uang aja yang habis. Kalau kena pencucian otak gimana? Naudzubillah. Akal, jiwa, akidah semua hilang. Bisa jadi pengikut aliran sesat dan menjadi pembangkang orang tua. Aku berharap semoga pembaca  jangan sampai ada yang kayak gini ya. :”

Seperti inilah tips-tips aman bergaul saat kuliah diluar kota versi aku, karena aku juga dulu pernah kuliah diluar, jauh dari orang tua. Alhamdulillah.. Sampai sekarang banyak banget hikmah yang bisa diambil.

Semoga Allah selalu melindungi kita semua dari kemudharatan. Aamiin..
So kalau kalian punya tips lain sekalian kritik dan saran boleh share di kolom komentar ya :D

2 comments:

de eka sas said...

betul sekali mbak, saya juga sangat milih teman dalam bergaul. Kalau sudah tidak cocok, ga bakalan mau pergi bareng mereka. Takut kena yang tidak-tidak lah..
Saya juga kuliah di luar kota, luar pulau lagi,, hehehe..

My Literation Journey said...

Iyaa kak... Alhamdulillah. Semakin dewasa, semakin kita ngerti yaa lingkungan dn tman yg baik/tidak..
Wah hebatt.. Smoga ttp slalu dlam lndungan Allah ya kak. Aamiin

Post a Comment

Hey! Somebody comment!

By :
Free Blog Templates