Saturday 18 August 2018

Say No to Body Shaming!

Dalam kamus gizi, berat badan berlebih disebut overweight sedangkan berat badan kurang adalah underweight (Pergizi Pangan Indonesia). Berat badan yang gak normal memang bisa memicu berbagai penyakit. Tapi kali ini aku gak mau bahas soal itu, karena kondisi itu tergantung tubuh orang itu sendiri. Banyak juga kan yang berat badannya bermasalah tapi sehat-sehat aja? Paling kendalanya hanya “kurang percaya diri karena merasa gak sedap dipandang”.

Now do you know about body shaming? Yaitu mengomentari/mencela fisik seseorang.



Komentar yang jelek-jelek deh, misalnya :
Buat yang kurus :
“Ehh lu makan mulu tapi gak gemuk-gemuk, cacingan ya?”
“Gue mah masih mending ada dagingnya, lah lu cuma tulang doang”
Yang gemuk :
“Perasaan lu diet gak kurus-kurus, cape deh”
“Keturunan lu gendut”gendut semua ya? Pantes aja susah kurus”
Dan masih banyak kata-kata yang menurut kalian “biasa” tapi ternyata bisa menyakiti mereka loh, dengan tameng “Ahh masa gitu aja cemberut/ngambek, baper banget” Stop saying like that guys!

Mengomentari/mengejek fisik orang lain bukan suatu kebanggaan.

Dalam Al-Qur’an juga jelas ada larangan mengejek sesama teman.
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki mencela sekumpulan yang lain, boleh jadi yang dicela itu lebih baik dari mereka.Dan jangan pula sekumpulan perempuan mencela sekumpulan lainnya, boleh jadi yang dicela itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan.Seburuk-buruk panggilan adalah panggilan yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang dzalim”(QS. Al-Hujurat:11).


Lagian apa untungnya sih komentar kayak gitu? Kan udah jelas terlihat fisik mereka dari dulu memang sudah seperti itu. Untuk apa diomong-omongin ke orangnya? 
Mau bikin mereka down dan minder? What a fool idea guys!
Terus apa untungnya juga buat kita? Membuat kita lebih baik dari mereka? Kan ngga.


Justru mengejek/membicarakan kelemahan/kekurangan seseorang akan menunjukkan betapa jeleknya diri kita sendiri. 

Sebagai self reminder juga. Aku memang gak suka mengomentari fisik orang, mau gimana pun dia, sekalipun temen deket/sahabatku sendiri.  Tapi siapa tau aku pernah menggumam di dalam hati, dan sama aja itu dosa. Seperti membandingkan diriku dengan orang lain hingga terjadilah secara tidak sadar rasa sombong/ujub (merasa lebih baik dari orang lain.
Astaghfirullah …

Jadi ya, artikel ini dibuat untuk saling mengingatkan aja. Bahwa setiap manusia punya kekurangan. Gak sepantasnya kita mengomentari kekurangan fisik orang lain.

Untuk yang kurus/gemuk. Gak usah dengerin mulut-mulut yang berkicau itu ya. Karena bagaimanapun fisikmu, kamu tetaplah cantik/menawan! Terlebih jika hatimu baik dan tulus. 

Sumber gambar : www.google.com

0 comments:

Post a Comment

Hey! Somebody comment!

By :
Free Blog Templates