Saturday 10 June 2017

Hijab

Berhijab ... memang bukan soal siap tidak siap tapi merupakan kewajiban bagi setiap muslimah. Selain berfungsi sebagai identitas, juga berfungsi untuk melindungi dari orang yang ingin berniat buruk contoh pelecehan seksual. Tetapi didunia ini masih banyak muslimah yang belum mengenakan hijab, ada yang pakaiannya serba pendek atau seksi, ada yang masih sopan, adapula yang pakai hijabnya setengah-setengah kepalanya saja tetapi bentuk tubuh masih kelihatan hehehe. Sebetulnya kita sebagai sesama muslimah wajib mengingatkan, layaknya seperti mengingatkan untuk shalat, dan kewajiban - kewajiban lain.

Hijab dan akhlak adalah sesuatu yang berbeda. Seringkali orang mengatakan "lebih baik dihijabin dulu hatinya daripada sudah berhijab masih belum baik". Menurutku sebetulnya hijab itu bukan masalah sudah baik atau belum muslimah tersebut, melainkan suatu kewajiban sama halnya seperti shalat, puasa, dan lain-lain. Mungkin bagi mereka malu sudah berhijab tapi kelakuan masih minus gitu ya. Nah disini ada yang perlu diluruskan, sebenarnya kita niat lillahita'ala pakai hijab untuk menutup aurat nih kan kewajiban dulu ya kita patuhin, nah terus baru deh kita sambil memperbaiki juga akhlak kita, masalah kalo ada orang yang mencibir kita itu biarkan saja, karena mereka juga belum tentu lebih baik dari kita.

Berubah menjadi seorang muslimah yang lebih baik memang butuh proses, tidak langsung bisa berubah 100 % tetapi bertahap, setidaknya kita ada usaha untuk menjadi lebih baik lagi. InsyaAllah bisa, didunia ini gak ada yang gak bisa, soo kuatkan tekad kita ya untuk memperbaiki diri.

Aku sendiri berhijab saja tidak langsung berhijab ketemu gede, ya mencoba-coba dari kelas 4 SD. Ketika aku masih ikut pengajian di dekat rumahku dengan teman sebaya, guru ngajiku bilang bahwa wanita itu wajib berhijab ketika sudah Aqil Baliq atau kalo bahasa umumnya "Haid". Saat itu aku yang masih duduk dibangku kelas 4 SD belum Baliq, tetapi aku langsung memutuskan untuk memakai hijab ke sekolah walau masih pake seragam serba pendek hehehe *lucu ya. Setelah aku memakai hijab, mamahku yang tadinya tidak berhijab jadi ikutan berhijab Alhamdulillah. Teman-temanku pun juga memakai hijab diwaktu yang bersamaan. Esok harinya aku tetap pakai, tetapi teman-temanku pada lepas hijab karena gerah katanya, terus gak betah, wajar sih kan belum terbiasa. Aku memutuskan untuk tidak melepasnya sampai diluar sekolahpun kalau keluar rumah aku pakai hijab walaupun terkadang masih suka kelihatan tidak berhijab orang luar kalau lagi nongkrong di teras rumah haha.

Lama-kelamaan aku betah pakai hijab sampai pernah waktu kelas 6 SD ada pemotretan (jailah kayak model aja) foto untuk ijazah SD, dan fotonya tidak dibolehkan memakai hijab. Jujur aku merasa berat sekali karena sudah mantap memakai hijab tapi tiba-tiba hanya karena foto saja harus dilepas. Akhirnya aku melepas hijabku satu hari itu. Rasanya malu sekali, terlihat lagi tanpa hijab, untungnya aku juga belum baliq waktu itu.

Lulus SD hingga sekarang alhamdulillah aku masih mamakai hijab, walaupun aku tahu aku masih banyak kekurangan dalam akhlak, belum baik. Tapi semua itu bisa diperbaiki, bahkan harus.

Mudah-mudahan wanita yang belum berhijab segera berhijab, yang berhijabnya belum benar segera diperbaiki, dan yang berhijabnya sudah syar'i tetap istiqomah.
Kita jangan sampai menghakimi sesama muslimah yang belum berhijab ataupun yang berhijabnya belum benar, karena mereka sebenernya harus dibimbing. Kalo kita menghakimi, mereka bukannya sadar malah tambah berpikiran buruk ke kita "udah berhijab tapi kok ngomongnya nyakitin, so bener, sok suci dll" nah ? gakmau kan dibilang begitu. Masih ada cara lain  yang lebih baik kok misal "ehh kamu cantik deh kalo berhijab, lebih anggun terus lebih kelihatan adem" gitu kan bisa, membuat dia tertarik untuk memakai hijab walaupun gak langsung. Siapa tahu hatinya tergerak kan. Udah gitu gak bikin tersinggung lagi,

Nah itu pengalaman aku sih,, bisa jadi bahan instrospeksi diri juga. Bahwa aku juga jangan seperti itu.
Sesama muslimah harus saling support dan memotivasi. :D

Mudah-mudahan bermanfaat yaaa postinganku ini. Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin.

2 comments:

Unknown said...

keren sekali tulisanya

My Literation Journey said...

Alhamdulillah, masih belajar kaka :D

Post a Comment

Hey! Somebody comment!

By :
Free Blog Templates