Friday 29 December 2017

4 Tips Skripsi Done On Time

Suka gondok gak sih rasanya skripsi itu pengen di udahin aja ehh tapi masa berhenti di tengah jalan sama aja nunda dong kalo gitu.. tapi kalau dijalani emang sering bikin makan ati xD jangankan orang biasa, orang yang pintar juga pasti mengalami sulitnya mengerjakan skripsi … so, skripsi selesai tepat waktu itu tidak bisa diukur dari kepintaran seseorang melainkan keuletan dan kekuatan mental orang tersebut.

Disini, aku mau sharing tips nih gimana caranya supaya skripsi selesai tepat waktu. Mari simak:

Pertama, jangan bikin judul yang susah.

    Judul yang jarang ada referensinya, atau belum pernah ada orang yang meneliti tentang judul tersebut. Terkadang kita suka bingung ya menentukan judul, pikiran kita saat itu: “yang penting cepet di acc sama dosen”. Padahal, pertimbangan judul itu penting loh. Nah, maka dari itu, dari semester awal rajinlah membaca literatur terkait jurusan kamu aja, seperti jurnal ilmiah, atau buku keluaran terbaru, jadi ketika skripsi, ada bayangan untuk ngambil judul yang pas, gak usah neko – neko, sederhana aja, yang penting bisa menjelaskan ke dosen sambil sharing apa aja yang udah dibaca, insyaallah kalau bisa meyakinkan dosen dengan ilmu kamu, bakalan di acc judulnya 😉

     Bagi yang dulu semester awalnya belum rajin baca, dan udah mau skripsi sekarang jangan nyerah, tetap kerja keras yaa cari literaturnya, fokus gak usah mikirin yang lain dulu. Karena kalau skripsi ketunda gara – gara pikiran yang lain itu bikin kita menyesal nanti.

Kedua, jangan menunda – nunda revisi.

      Dear, ini harus banget .. jangan nunda revisi karena nunda sehari aja bikin nyesel. Aku ngomong gini, karena aku pernah nunda dan setelah itu kapok karena waktu terbuang untuk hal yang sia – sia. Boleh nyantai, tapi sebentar aja jangan seharian hehehe, karena jadwal pertemuan dengan dosen itu gak hanya sama 1 dosen aja tapi 2 dosen (proposal skripsi) dan 4 dosen (skripsi). Bayangin kita nunda sehari, ehh taunya dosen bisa bimbingan besok, nah lohh belum dikerjain… gedebak – gedebuk …. Belom dosen yang lain bisa bimbingan lusaaa,, nahh tambah kena forsir lagi. 

     Maka dari itu, kerjakan segera, jadi pas dosen inform hari apa bisa bimbingan, kita udah siap… walaupun masih harus kerja keras juga untuk bimbingan sama dosen lain, setidaknya udah berusaha dan gak nunda – nunda.

Ketiga, Jangan pernah bantah dosen atau merasa benar sendiri.

      Kita sebagai mahasiswa harus merendah, kalau dosen bilang salah ya nurut aja. Bilang “maaf bu/pak segera saya perbaiki”. Kuncinya itu…
Dosen itu gak suka sama mahasiswa yang sok tau, karena kalau dosen udah gak suka, khawatir malah dipersulit skripsinya jadi lama selesainya. Aku sebagai mahasiswa jujur aja takut sama dosen.. kalau udah dimarahin yaudah pasrah gak ngelawan… tapi hikmahnya, dosen jadi tambah respek karena gak pernah ngelawan, apalagi kalau tetap ramah meskipun di marahin. Gak usah baper gara – gara udah dimarahin terus jadi males sama dosennya,, mentalnya harus kuat demi selesai tepat waktu.

     Kita punya argument wajar, tapi cara menyampaikannya itu harus hati – hati misal: “saya baca di buku ini, begini – begini, bagaimana menurut ibu?” Jadi buatlah kesan kita masih butuh pendapat dosen, jangan kayak gini :”tapi saya baca di jurnal ini, itu begini bu” Nah kesannya kita kayak cari pembelaan gitu, gak mau disalahin,, walaupun kita udah merasa itu bener, tapi dosen kan lebih berpengalaman dan ilmunya pasti lebih tinggi, jangan sampai ada perberdebatan yaa. Jadi aku tekankan lagi bahwa kita wajib merendah dan jangan sok tau.


Keempat, Jaga Kesehatan.

    Begadang, capek, stress itu pasti dialami mahasiswa tingkat purba hahaaa, selamat menanti fase – fase itu yaaa..
Revisi skripsi yang sangat banyak memang harus kita selesaikan semua, tapi bukan berarti kita boleh lupa makan…. Ini gak bener.. mentang – mentang sibuk, kesehatan gak diperhatiin…
    
    Tetap, makan teratur, kalau gak napsu ya perut jangan kosong, makan sedikit nanti diterusin sama ngemil, sebaiknya minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena tenaga kita pasti terkuras banyak untuk berpikir, begadang dan bimbingan.

Nah, kalau udah jaga kesehatan masih aja kena flu atau sakit, saking capeknya, karena daya tahan tubuh orang beda – beda, jangan nyerah yaaa… itu salah satu ujian supaya kita tetap sabar … Kalo kita getol dan kuat mental insyaallah cepet kelar.

Seperti itulah, 4 Tips selesai skripsi tepat waktu Ala Adel.. Semoga Bermanfaat ya :D

0 comments:

Post a Comment

Hey! Somebody comment!

By :
Free Blog Templates