Saturday 24 February 2018

Perang itu --- Belum Berakhir

Selama bertugas memantau pasien, aku mengalami kegagalan sebanyak tiga kali. Pertama, pasien usus buntu gagal dipantau karena pindah ruangan, kedua pasien anemia gagal karena pulang, ketiga pasien tumor usus besar gagal karena penyakitnya terlalu berat dan disuruh oleh AG untuk mencari pasien lain. Rasanya aku mau pulang ke rumah saja ingin menyudahi ini karena lelah sekali sudah dua hari mau selesai, pasien malah pulang atau meninggal.
Aku berharap pasien keempatku ini bisa selesai sampai tuntas. Penyakitnya yaitu Stroke Hemoragic Intracerebral Hematoma atau disebut stroke (pecahnya pembuluh darah diotak) dengan komplikasi DM dan Hipertensi. Jadi, aku memberikannya diet DM nomor sekian dan diet rendah garam serta menyesuaikan Tekanan Darah (TD) pasien termasuk kedalam kategori derajat sekian. Alhamdulillah tiga hari berturut-turut bisa selesai sampai tuntas.
Masih ada perjuangan berikutnya. Setelah selesai pemantauan, aku masih harus konsultasi kepada AG dan ini cukup menguras tenaga dan otak. Aku bolak-balik karena disuruh ganti dietnya, otomatis aku juga harus mengganti angka-angkanya yang membuat laporanku berubah semua sampai halaman terakhir. Namun aku tidak menyerah, kuturuti semua perintah AG. Sampai dimarahi pun aku rela. Justru, aku merasa bersyukur beliau selalu memberi tahu kesalahanku.
Akhirnya, setelah sekian lama laporanku selalu direvisi oleh AG, sampai beliau bilang “Saya bosan melihat kamu lagi, kenapa sih laporannya salah terus? Kamu orangnya kurang teliti, coba perbaiki lagi, saya tidak mau laporannya seperti ini”. Meskipun sejuta kritikan pedas selalu terlontar dari AG, aku tidak pernah memasukkannya kedalam hati. Pada saat presentasi, sepuluh orang AG konsentrasi memperhatikanku, tetapi hanya satu orang yang bertanya. Pertanyaannya tidak susah dan banyak mengandung saran jadi aku dengan percaya diri menjawabnya. Nilai yang kudapat juga sangat memuaskan.

***
Last sekuel = "Semua yang kutanam telah kutuai"

0 comments:

Post a Comment

Hey! Somebody comment!

By :
Free Blog Templates