Sunday 4 March 2018

Segarnya Rujak Kuah di Siang Bolong

     Iseng-iseng buka kulkas, taraaa!! Nampaklah sebuah nanas ukuran besar yang sedang berbaring di dalam kulkas bagian tengah. Sudah berhari-hari buah yang kaya vitamin C itu dicuekin, gak diapa-apain. Ehh selain nanas ada rambutan juga nih lagi nganggur. Nah, daripada kelamaan dianggurin mendingan diolah. Mumpung lagi panas-panasnya nih cuaca. Terik banget di siang bolong.

      Tadinya sih, aku pengen makan buah nya utuh-utuh aja gitu, gak usah dirujak. Tapi mamahku pengen rujak kuah tuh dan bumbunya gampang banget! Aku belum pernah bikin sendiri sebelumnya. Seringnya tinggal hap! Langsung makan aja :p Tapi waktu kemarin, aku diajarin mama sekilas cara membuat bumbunya. Sekali eksekusi langsung berhasil. Alhamdulillah! :D
Yuk langsung simak aja cara membuat Rujak Kuah nan segerrr banget ini.
Bahan buah :
- Nanas 1 buah
- Boleh ditambah buah lain seperti: mangga, rambutan atau buah yang asem-asem. Bebas.

Bahan bumbu :
- Cabai rawit jawa 15 bh (kalau mau pedas banget bisa ditambah lagi, kalau gak mau, ya  
   dikurangin aja)
- Terasi 4 jumput (cubitan) atau sesuai selera
- Garam secukupnya
- Gula merah 2 bh
- Gula pasir 4 sdt
- Air mineral 4 gls belimbing
- Lemon ½ bh

Cara membuat :
1.Potong buah nanas dan kupas rambutan. Keluarkan bijinya. (Kalau gak mau ribet gak  dikeluarin bijinya juga no problem).
2.Rebus gula merah dan gula pasir. Diamkan hingga larut dengan sendirinya.
3.Sambil menunggu larutan gula larut. Haluskan cabai rawit jawa, terasi dan garam. Disarankan selalu dicicipi supaya jika ada kekurangan rasa bisa diatur.
4.Ketika larutan gula sudah larut, aduk rata. Matikan api. Diamkan hingga dingin.
5.Tuangkan larutan gula ke wadah yang berisi buah. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk rata. Tambahkan perasan lemon. (Bisa pakai asam matang juga)
6. Dinginkan dalam kulkas.

Jadi deh !!!

Udah gitu aja bikinnya. Gampang banget kan? Rasanya.. wuih seger banget dan pedasnya juga mantap! Selamat mencoba dan mengkonsumsi rujaknya dengan penuh nikmat panas-panas terik di siang bolong yaa !! ;)

0 comments:

Post a Comment

Hey! Somebody comment!

By :
Free Blog Templates