Friday 20 July 2018

3 Cara Mengecilkan Resolusi saat Scan File

Mungkin udah banyak yang tau mengenai cara mengecilkan resolusi waktu scan file. Tapi, disini aku share aja, siapa tau masih ada yang bingung caranya hehe. Sambil nambah-nambahin referensi di google :D
Sebelum mengecilkan resolusi, pastikan punya printer sendiri, sudah dalam keadaan dihubungkan dengan laptop, dan dibuka program scannya.
Kalau gak punya printer, it's ok. Minta tolong abang fotocopy, mau scannya dalam bentuk file apa? PDF or JPEG. Bilang jangan besar-besar resolusinya, misal: 50 atau 100 lah udah minimal.

1. Pilih tipe file. Lalu, pilih show more.



2. Pilih mau berapa resolusinya.



3. Nah hasil akhirnya macam-macam angka resolusinya. Semakin kecil DPI, maka semakin  kecil juga hasil akhir size KB-nya.



Selesai deh. Seterusnya tinggal atur-atur aja mau edit resolusinya berapa. Tapi harus diperhatikan juga yaa kejelasan filenya (tulisan masih kebaca, gak blur banget). Karena resolusi ini sangat berpengaruh dalam penggabungan file di MS. Word berupa dokumen lamaran kerja atau apapun yang biasanya akan di save dalam bentuk PDF pada hasil akhir (untuk dikirim ke e-mail perusahaan/instansi). 

Sebisa mungkin file PDF yang sudah rapi berukuran maksimal 500 KB, untuk memudahkan perusahaan mendownload file tersebut (gak kebesaran filenya). 
Kalau file udah kecil resolusinya, namun hasil akhirnya masih diatas 500 KB gimana? Biasanya ini banyak terjadi pada file PDF. Cara yang harus ditempuh adalah PDF harus dicompress.

Jadi, semakin kecil resolusi dari setiap file yang sudah discan, maka semakin kecil juga size hasil akhir dari penggabungan file tersebut.

Semoga bermanfaat ^^

0 comments:

Post a Comment

Hey! Somebody comment!

By :
Free Blog Templates